ikaatikah1605

Just another WordPress.com site

Sekilas Tentang Malware

Baru-baru ini teknologi kian membawa pengaruh sangat kuat terhadap kebutuhan manusia, terutama portable yang setiap saat bisa dibawa kemanapun mereka pergi tanpa harus ribet. Handphone adalah salah satunya. Hampir kebanyakan perusahaan seluler bersaing mengeluarkan gadget canggih alias smartphone untuk menarik para konsumen untuk menggunakan gadget yang mereka keluarkan. Tak ketinggalan tablet yang merupakan terobosan baru yang dikeluarkan oleh beberapa perusahaan seluler. Sebut saja Apple yang pertama kali mengeluarkan portable tablet dengan fitur lengkap yang membuat para konsumen tertarik untuk memilikinya. Namun, waspada terhadap pengguna smartphone, bisa saja data kalian yang berada di Handphone akan hilang akibat tangan-tangan jahil pelaku yang tidak bertanggung jawab. Kalian tau apa itu malware? Malware adalah singkatan dari “malicious software” program. Malicious disini artinya “jahat”. Malware temasuk program spyware atau adware, seperti tracking cookies yang digunakan untuk memonitor kegiatan anda di internet. Program ini juga disertakan bersamanya keylogger, Trojan horses, worms, dan virus-virus.
Keylogger sama seperti namanya. Program ini adalah program yang akan mencuri setiap data anda ketika melakukan login ke situs-situs di interent seperti: password, nomor bank, dan nomor kartu kredit yang akan dikirim kepada orang yang membuat malware tersebut. Trojan horse bisa merusak sistem komputer anda dan program ini juga bisa menginstall “backdoor” (pintu belakang) yang melalui pintu ini data pribadi anda dapat dikirim ke komputer lain. Malware bentuk ini sangat sering digunakan untuk mencuri data pribadi.
Sedangkan virus atau worm (cacing) dapat mencopi dirinya sendiri dan membajak komputer anda. Malware tipe ini digunakan untuk mengirim spam atau untuk melakukan berbagai hal yang tak diinginkan dalam komputer kita, dan kita bahkan tidak tahu data kita sudah dicuri. Virus biasnya disertakan dalam suatu program, sedangkan worm beridiri sendiri. Keduanya dapat mengakibatkan kerusakan berat pada sistem kita dan memakan data di komputer, yang nantinya akan mengakibatkan komputer kita crash atau tidak bisa bekerja sama sekali. Virus dan worm biasanya dikirim dengan menggunakan data sharing dan email untuk mengirimkan dirinya ke komputer-komputer lainnya.

Segala bentuk kode atau program yang dibuat untuk memonitor dan mengumpulkan informasi pribadi kita atau mengganggu serta merusak komputer kita disebut dengan malware. Sebenarnya malware adalah segala bentuk kode jahat, meskipun program ini belum bisa diidentifikasikan sebagai worm, Torjan dan lain-lain. Program anti virus yang baik dapat men-scan email untuk berbagai macam kode jahat atau mencurigakan dan memberitahukan kita tentang keberadaannya.

Program anti virus bisa melindungi komputer kita apabila tetap update. Bagaimanpun, program anti virus bisa saja tidak dapat mengidentifikasikan malware tertentu, seperti Trojan dan spyware. Oleh karena itu lebih baik pakailah satu anti virus dan program anti spyware lainnnya. Dengan menjalankan kedua program sekaligus akan menjamin keamanan data pribadi kita. Memanfaatkan firewall juga sangat membantu. Meskipun firewall tidak bisa menghapus malware, tapi paling tidak ia bisa mencegah program malware untuk terhubung ke internet dan mengirim data pribadi kita ke orang yang tidak kita inginkan.

Semoga bermanfaat!!!🙂

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: